30 Agu 2018

Cara Membuat Bawang Goreng renyah

Harga bawang goreng 2019

Bawang goreng adalah bawang merah yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak. Pada umumnya, masakan Indonesia berupa soto, sup juga bubur ayam menggunakan bawang goreng sebagai penyedap sewaktu dihidangkan. Selain diolah menjadi bawang goreng, bawang merah dapat juga dapat bermanfaat sebagai obat yaitu untuk mengobati maag, masuk angin, menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, sebagai obat kencing manis (diabetes melitus), memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah karena bawang merah dapat menghambat penimbunan trombosit dan meningkatkan aktivitas fibrinotik.
Jual Bawang Goreng


Cara Membuat Bawang Goreng Renyah (Tanpa Tepung)
Bahan Bawang Goreng Renyah :
  • 250 gram bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 200 ml air
  • 1 liter minyak goreng
Cara membuat Bawang Goreng Renyah :
  1. Kupas kulit bawang merah dan cuci bersih, iris tipis secara manual dengan pisau dapur atau dengan alat pengiris bawang untuk ketebalan yang merata.
  2. Rendam irisan bawang ke dalam larutan garam yang dicampur dengan 200 ml air selama 20 menit. Tiriskan dan buang air rendamannya.
  3. Panaskan minyak goreng dengan menggunakan api kecil saja supaya nanti bawangnya tidak cepat gosong dan bisa matang merata. Tester terlebih dahulu apabila dimasukkan seiris bawang akan langsung mengapung berarti tandanya sudah cukup panas.
  4. Masukkan semua irisan bawang, diamkan sebentar lalu aduk sesekali atau jangan terlalu sering diaduk supaya bawang tidak hancur karena teksturnya masih basah. Setelah bawang berubah warna dan teksturnya sudah mulai mengeras harus sering diaduk supaya matang merata hingga berwarna kuning lalu matikan api.
  5. Aduk terus sampai garing dan matang merata serta berwarna kecoklatan.
  6. Angkat dan tiriskan bawang dari minyak, letakkan ke dalam wadah yang dialasi dengan tisu agar minyaknya benar-benar menyerap dan menjadi kering. Simpan dalam toples atau wadah kedap udara apabila sudah dingin agar tetap renyah dan tidak melempem.
Cukup sekian dulu resepnya ya sahabat.

 sumber: resep-ki-ta.blogspot.com