12 Mei 2009

Menyelamatkan Foto pada Memory Card

Saat ini media penyimpanan berupa chip telah banyak digunakan, baik berupa flash disk atau dalam bentuk memory card. Bahkan beberapa perangkat digital seperti kamera digital, atau ponsel. Bagaimana foto yang tersimpan di memory card tadi terhapus, baik secara sengaja maupun tidak sengaja,tentu saja anda tidak bisa mengulangi moment itu lagi.

Sekarang tidak perlu panik, karena data - data tersebut bisa dibangkitkan kembali dengan sebuah aplikasi Flash File Recovery. Aplikasi ini sederhana dan cukup efektif dalam membangkitkan file - file gambar yang tersimpan dalam sebuah memory card, dan untuk menjalankannya pun cukup mudah.Selain mempunyai kemampuan untuk membangkitkan file gambar yang terhapus di memory card atau flash disk, tapi dia juga mampu membangkitkan file gambar pada harddisk.

Anda bisa mendownload aplikasi ini di http://www.panterasoft.com, dan ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk menjalankannya.

1. Saat pertama menjalankan Flash File Recovery, akan langsung menuju pada tab Select Source. Pada bagian ini anda bisa menentukan lokasi drive yang akan di recovery,lalu tekan tombol Refresh drive.

Bila pada komputer tidak tersedia card reader, kamu bisa menancapkan langsung kamera tersebut ke PC, nantinya PC akan mengenali media penyimpanan yang terdapat pada kamera dan dikenali sebagai removable disk. Hal ini juga berlaku untuk ponsel yang mempunyai slot ekspansi. Untuk flash disk, kamu tinggal mencolokannya ke koneksi USB.

Setelah terdeteksi, kamu tinggal menentukan drivenya saja.

2. Selanjutnya, klik tab. Rescue files, tekan tombol Start Scan. Tunggulah beberapa saat sampai proses scan selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk menscan tergantung dengan besarnya kapasitas flash disk itu sendiri.

3. Setelah selesai proses scan, klik tab. Lost files prefiews. Disitu kamu bisa melihat file-file gambar yang terhapus pada memory card. Tandai gambar - gambar yang ingin diambil.

4. Selanjutnya klik Destination tab. Disini kamu bisa melihat lokasi penyimpanan file yang di restore tadi. Klik tombol browse untuk menentukan lokasi yang di inginkan.

5. Langkah terakhir adalah melakukan restoring. Klik Restoring tab. tekan tombol Start recovery, tunggu beberapa saat sampai proses selesai.


sumber : telkom.net



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo-monggo silahkan diminum dulu tehnya, setelah itu ketikkan komentarnya..( mari pesbukan disini )