3 Agt 2010

DPR dan Dagelan Penghibur Rakyat

Ini pengalaman pribadi. Pertengahan tahun 1984,saya berkesempatan mengikuti kursus jurnalistik dari Ashadi Siregar di Yogyakarta. Namanya kerja belum jelas, hidup sebagai penulis lepas dengan honor pas-pasan, maka semuanya kudu cari yang murah, tapi megah. Makan di warung minta kuahnya banyak.

Saat harus pangkas rambut, cari murah juga.Yang namanya murah, tentu, risiko tidak dijamin. Baru separo rambut kepala dipangkas, malapetaka menimpa. Tukang cukur terserempet becak, roboh. Itu pak tua tukang cukur jatuh terjengkang. Jangankan melanjutkan pekerjaannya, berdiri pun harus dibantu. Masih menggunakan kain pelindung rambut, mirip jubah Superman yang posisi terbalik (bukan di belakang) dan kepala separo botak, saya harus menolong pak tukang cukur.

Itu peristiwa di dekat alun-alun Yogyakarta, tukang pangkas rambut DPR alias Di bawah Pohon Rindang. Jadi, sebetulnya, DPR itu tidak mutlak harus berarti Dewan Perwakilan Rakyat. Bisa juga Dalam Pengaruh Ranjang, seperti kata Permadi, tembok gedung parlemen itu saksi bisu terhadap anggota Dewan yang suka pacaran.

Kalau dikaitkan dengan Organisasi Dagelan Srimulat, maka DPR bisa berarti Dagelan Penghibur Rakyat. Faktanya, sampai sekarang pengibaratan bahwa pabrik ketawa Srimulat bubar karena kalah lucu sama gedung sebelahnya belum pernah diprotes dan disangkal secara nasional.

Kini, Gedung Senayan sebelah markas Srimulat itu memang seperti tidak mau kalah kualitas dengan Srimulat dengan merekrut sejumlah komedian ke sana. Makin lucu lagi dengan merayapnya bintang film senior Pong Harjatmo sampai ke atas atap kantor parlemen yang dijaga petugas profesional, Jumat kemarin.

Lepas terjadi pro-kontra kelakuan Pong tersebut, banyak orang geli mendengar kabar tersebut. Pong secara ndagel dan cerdas melakukan protes terhadap kinerja para wakil rakyat yang suka bolos itu. Lewat talkshow di Studio Radio Trijaya, Senin pagi, Pong mengaku sudah kesal sama sejumlah anggota Dewan. Saking kesalnya, pria berusia 67 tahun ini nekat naik lewat steger yang sedang ditinggalkan tukang cat dinding Gedung DPR.

Tak urung, cerita Pong, begitu sampai atap dia ketar-ketir juga karena anginnya ternyata kencang sekali. Tapi dia sukses mengolok-olok anggota Dewan yang terhormat. Akan halnya Pong, sebagian besar masyarakat tidak asing lagi terhadapnya sebagai bintang film dan sinetron.

Tapi banyak yang tidak tahu bahwa sejatinya Pong juga simpatisan Partai Demokrat dan sempat menjadi bagian humas saat partai ini berkongres di Bali dulu. Patriotisme Pong pun tak perlu diragukan, sebab saat menikah mas kawinnya adalah bendera Merah Putih dan lambang Burung Garuda. Ini langka!***

DPR yang dalam hal ini adalah parlemen Senayan, bukan yang tukang cukur itu, kalau selalu ndagel memang bukan perkara baru. Bahkan, bukan cuma itu, tetapi juga nekat. Asli, ndagel dan nekat. Memang kita tidak gebyah uyah atau semuanya. Sebab sejujurnya ada yang masih punya idealisme dan sadar akan perannya.

Misalnya anggota DPR asal Kalimantan Barat (Kalbar) Zulfadhli yang mengaku terbengong-bengong melihat kursi ruang rapat banyak kosong, padahal di daerahnya, DPRD Kalbar, kalau rapat selalu penuh.Yang merasa malu seperti Zulfadhli memang ada.Tapi yang ndagel dan nekat itu jumlahnya lebih banyak. Simak saja, belum lagi selesai polemik dengan topik membolos, secara ndagel terbetik berita ada anggota DPR mengusulkan dana rumah aspirasi sebesar Rp122 miliar.

Itu setara dengan sekira 25 ton beras murah. Alasannya, tujuan rumah aspirasi untuk mempererat hubungan dan komunikasi antara anggota Dewan dengan konstituen. Pertanyaannya, apakah kalau reses mereka mengunjungi konstituen? Tentu, ada yang ke daerah pemilihan (dapil) atau ke konstituen. Tapi, kenyataannya, banyak yang senang memilih studi banding ke luar negeri.

Lantas, apakah nanti rumah aspirasi yang dibangun miliaran rupiah tersebut bermanfaat? Jangan-jangan hanya akan jadi tempat main petak umpet anak-anak sekitarnya. Kondisi yang tampak dan jadi bahan perbincangan rakyat, para wakil mereka itu kalau kerja malas, membolos, tapi minta uang tambahan ngotot.

Sampai mesin cuci pun jadi pembahasan. Ke kantor saja jarang, tapi minta mobil bagus. Karena jarang ngantor berarti tidak ada di kantor, tapi minta dibangunkan kantor mewah senilai Rp1,6 triliun. Urusan seperti kasus Bank Century begitu rame, heboh, ujungnya sepi. Pokoknya, ndagel!***

Sejujurnya, begitu besar harapan rakyat terhadap anggota Dewan dalam memperjuangkan nasib mereka. Sebab, seorang anggota Dewan semestinya harus menjalankan “perintah” dari rakyat yang mewakilinya di parlemen. Tapi harapan itu jauh dari kenyataan. Rakyat berteriak keras, megap-megap kerendem lumpur Lapindo seperti tidak terdengar oleh wakilnya di Senayan.

Tetap kelelep dan sudah empat tahun belum beres. Kini, cobalah “Gedung DPR” melepaskan diri dari istilah lebih lucu dari tetangganya “Gedung Srimulat” yang bubar karena kalah lucu. Kalau tidak bisa, sekalian saja rekrut anggota Srimulat yang hidupnya tidak mendapat perhatian pemerintah seperti Tarzan, Nunung, Tesy, Gogon, Kadir, Mamik, Eko.

Ketua fraksinya serahkan kepada Ibu Jujuk istri almarhum Teguh Srimulat. Jadi, nantinya, lewat tayangan televisi, kalau anggota Dewan membolos yang penting Tarzan dan kawan-kawan tetap hadir sehingga dapat menghibur rakyat. Ini bisa menghibur rakyat yang sedang susah dengan kenaikan harga sembako dan kecut, ketakutan tabung elpiji meledug. Dagelan Penghibur Rakyat beneran. Pasti top!(*)

Eddy Koko
Praktisi Media

"seingatku, inilah satu-satunya artikel disini yang kopas. lucu aja bacanya.. dibajak dari okezone. maklum kalo kopas, karena aku sedang tidak ingin menulis ( apalagi yang panjang ). aku hanya ingin bercinta. :P"

25 komentar:

  1. tulisannya sangat bagus...

    bener sobat sudah banyak kritikan yang disampikan masyarakat buat wakil rakyat, namun sampai saat ini masih belum memenuhi benar keinginan raktay yang diwakilinya.

    kalau sri mulat kalah lucu wah bisa buabr tuh hee..he...

    BalasHapus
  2. wakil rakyat oh wakil rakyat

    menggambarkan rakyatkah mereka?

    BalasHapus
  3. wahahaha... itu pas cukur rambut baru setengah kocak banget! :P

    BalasHapus
  4. menohok tepat cepat langsung ke sasaran

    memang wakil kita yang di senayan itu manja banget, sedikit2 minta uang lelah padahal kerja mereka banyak yang duduk manis sambil telpon, sms, ngobrol, parahnya da yang ngorok
    kalo pilih orang ngorok ngapain harus pemilu berbiaya triliunan.....

    tapi asyik juga kalo melihat mereka berkelahi
    ternyata wakil kita bisa bersaing dengan tayangan WWF......

    BalasHapus
  5. dagelan yang membuat miris juga buat yang melihat >.<

    BalasHapus
  6. kabar terakhir ada pemain baru memainkan forno di komputer gedung mereka, bukan gedung saya/rakyat

    BalasHapus
  7. Wakil rakyat tapi tak merakyat

    BalasHapus
  8. serius gak nyangka lo pinter juga, dmna ber obat ?

    BalasHapus
  9. haha ! eneg2 ae . DPR aneh .
    ngmong2.. tumben masih inged .
    ehehe :D

    BalasHapus
  10. kiraen kamu yang ngetik, kok tumben panjang benerr..:)

    BalasHapus
  11. hauahuah bercinta dengan siapa mas?okezone?hehehe

    BalasHapus
  12. wakakakakaa.....ku pikir yg dicukur separo botak itu u sendiri....lha kok tibae Copas xixixii :D

    BalasHapus
  13. ko bisa ketabrak becak, emang dimana cukur rambut ?? wkwkwkwk :D

    BalasHapus
  14. paling demen liat anggota dewan adu jotos, tidur, ama gag menghormati orang yg ngomong. :p

    BalasHapus
  15. aku udah komen ya disini...he...he...

    happy blogging bro..

    BalasHapus
  16. Thnks sob infonya..bermanfaat bagi yang membaca terutama saya khususnya..
    salam sukses selalu yah..selamat menjalankan ibadah puasa juga..ditunggu komment baliknya yah..

    BalasHapus
  17. Huahahaa... pantesan Panjang banget aku bacanya.... ini yang terpanjang kayanya... Rekor baru di blog ini wkwkwk......

    pas sampe bawah ternyata bukan tulisanmu toh Sob haha... tapi aku juga lucu baca berita ini... dan kayanya sih ya emank bener cuma tempat dagelan wkwkw....

    puasa ora kowe? wah jo nyamperi Aura kasih ae...... batal ng'ko kowe Sob...haha

    ap kbr ki? lama gak keliatan....

    BalasHapus
  18. eh ada award buat kamu di ININ BUKAN AWARD
    kalo berkenan tolong diambil ya..maaf kalo selama ini ada salah..:)

    BalasHapus
  19. Huahahaha... Puasa juga toh kowe Sob... OK deh klo gtu .. bareng2 deh kita...

    Oiya Pesenan E-Book Hack belum sempet tak bikin nie.. ntar deh tunggu libur dlu,.....

    Semangat met aktivitas Sob...

    BalasHapus
  20. Wakil Presiden hanya tunduk dan patuh terhadap presiden, tentunya wakil rakyat juga harus tunduk dan patuh terhadap rakyat, mampu mengemban amanat rakyat, mampu melaksanakan segala titah rakyat, wong mereka mewakili rakyat sejatinya kekuasaan ada ditangan rakyat, namun apa daya di negara kita malah sebaliknya. kasihan betul rakyat kita...........

    BalasHapus
  21. DPR kagak ada yang bener soal'a proses jadi DPR'a juga kagak bener kerja cuma nonton video porn,tidur,bikin gedung baru, duit pulsa

    BalasHapus
  22. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    BalasHapus
  23. I was very pleased to find this site.I wanted to thank you for this great read!! I definitely enjoying every little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you post. custom website design service

    BalasHapus
  24. Thank you for sharing in this article
    I can learn a lot and could also be a reference
    I hope to read the next your article updates

    OBAT PENGGUGUR KANDUNGAN


    Obat Aborsi

    Jual cytotec asli

    Obat Penggugur Kandungan

    Cara Menggugurkan Kandungan

    Obat Terlambat Datang bulan

    obat aborsi asli


    WWW.JUALOBATPENGGUGUR.NET


    JUAL OBAT ABORSI ASLI


    Obat Aborsi

    cytotec

    Jual cytotec asli

    Obat Penggugur Kandungan

    Cara Menggugurkan Kandungan

    Obat Terlambat Datang bulan

    obat aborsi asli

    Jual Obat aborsi asli


    WWW.PENGGUGUR.COM


    Salam Sejahtera Untuk Semua??? Kita Di Sini Mau Berbagi Sedikit Tentang obat aborsi asli Ampuh Atau obat penggugur kandungan.
    Mungkin Di Telinga kita Tidak Asing Lagi. Tentang Kata “ABORSI“. Apa Itu Aborsi???
    Bagaimana Cara Aborsi??? Dan Obat Aborsi Obat Pengugur Kandungan Apa Yang Di Pakai Untuk Aborsi??
    Info Lanjut Bisa Kunjungi Website Kami: obat aborsi Ampuh Aman Dan Terpercaya Terima Kasih Banyak.
    Dan Sekarang 80% Penjual Obat Aborsi Di Dunia Maya Hanya Lah Modus Untuk Menipu, Jika Anda Mau Order obat aborsi
    Sekarang Kita Memberi Tips Membeli Obat Aborsi Asli Semoga Semua Jadi Pembeli Yang Cerdas Dan Selalu Mengutamakan Kesehatan.


    Klik salah satu
    Call/WA :085 702 494 733
    BBM : D29AD2CE

    BalasHapus

Monggo-monggo silahkan diminum dulu tehnya, setelah itu ketikkan komentarnya..( mari pesbukan disini )