8 Jan 2010

Apa Tujuan Mereka Hidup

Tahu hewan yang bernama “ laron “? Mereka hanya bisa kita lihat di musim hujan seperti sekarang.waktu aku masih kecil nenek bilang laron itu berasal dari rayap yang bersemedi atau bertapa.entah itu benar atau tidak..

Tapi ketika semalam aku melihat mereka,terbersit pertanyaan dalam pikiranku.” Untuk apa mereka hidup?”.kenapa aku bertanya gitu? Karena seperti yang kita tahu,umur mereka hanya beberapa menit.tidak sampai satu jam sayap2nya lepas,dan dirinya menjadi santapan nikmat bagi hewan lain.

Lalu dengan waktu yang sebentar itu,cukupkah bagi mereka untuk menikmati hidup?kalo benar rayap bertapa untuk jadi laron,itu artinya rayap bertapa untuk menjemput ajal.itu yang sangat aku herankan ( waduh )…


Atau mungkin mereka menganut paham yang salah waktu masih menjadi rayap?aliran sesat gitu misalnya.contoh : nenek moyang rayap mengajarkan kepada anak cucunya,apabila mereka bertapa selama musim kemarau maka mereka akan mendapatkan sayap yang bisa mengantarnya terbang kemanapun,bahkan melintasi samudera.

Bertapanya harus didalam perut bumi yang gelap gulita,agar setelah menerima sayap mereka juga mendapatkan cahaya kebenaran,cayaha yang akan membawa laron pada kehidupan sejati.buktinya,laron kalo liat lampu seperti kenek angkot yang rebutan penumpang.hehehe…

Jadi apa ya tujuan hidup laron untuk dirinya?kalo bagi kodok dan cicak jelas,sebagai makan malam.begitu singkatnya hidup mereka..

Mari kita bandingkan dengan hewan lain,misalnya ayam.ayam umurnya bisa hitungan tahun,dalam hidupnya mereka masih bisa menikmati masa kecil,bisa pacaran,bisa kawin,beranak,makan makanan yang enak ( ayam masuk warung )dll.jadi tujuan hidupnya jelas ( menurutku ).
Ya walaupun kematian bagi ayam adalah akhir dari segalanya.berbanding terbalik dengan kita,kalo manusia justru kematian adalah awal dari semuanya.

Seandainya aku masih sekolah,aku ingin bertanya pada guru tentang apa makanan laron.jangankan makan,merasa lapar aja pasti mereka gak pernah.karena begitu singkatnya hidup bagi mereka.kalo lapar aja gak pernah tahu,apalagi sakit hati…Hho~

Gak jelas deh yang dibahas dari tadi.. 06-01-2010! :)





1 komentar:

  1. hallo apakabar ??? katanya sekarang pindah di probolinggo yaa ... e postingannya menarik lho kalo mau tanya tentang laron ...gak perlu sekolah lagi tanya aja ma mbah google he he pasti deeh nemu jawabannya ha ha ha

    BalasHapus

Monggo-monggo silahkan diminum dulu tehnya, setelah itu ketikkan komentarnya..( mari pesbukan disini )