24 Feb 2010

Mengatasi Flash Disk yang Write Protected

Flash Disk ( FD ). kalo menyebut nama itu ( FD ) jadi inget film " Jagad X Code " yang di bintangi Agus Ringgo. filmnya lucu banget, trus ceweknya juga cantik. entah siapa nama cewek cantik itu. tapi tulisan ini bukan untuk membahas film ataupun mencari tahu si cantik tadi.

tapi untuk membahas sedikit mengenai USB Flash Disk. terutama keluhannya. kebetulan film tadi juga mengangkat nama " flash disk ". cerita dikit yah tentang film itu, soalnya ada yang lucu ketika menyebut nama FD.

saat Jagad ( yang diperankan oleh Agus Ringgo ) mendapat tugas mencari FD, dia tanya sama Butet tentang apa itu FD. nah, rupanya Butet juga gak tahu tentang benda itu. trus dia bilang begini, " mungkin Flash Disk itu anaknya Flash Gordon. tapi kalo memang begitu, trus Flash Gordon nikah sama siapa ya? ".


trus ada lagi. saat Jagad dkk udah dapat tas yang berisi FD, mereka bingung mau mengambil mana yang namanya FD. ya karena belum pernah lihat seperti apa bentuk benda itu. trus dalam tas itu banyak benda-benda lain, alat rias dll.

teman Jagad, mengambil dua benda yang sama-sama asing baginya. yang satu FD, yang satunya lagi pensil rias ber-merk - Ladies -. kemudian dia bilang, " pasti ini yang namanya flash disk. flash disk, merk-nya Ladies ." seraya menunjukkan pensil itu. kemudian mereka tertawa karena yakin udah dapat apa yang dicari.
aduh capek deh.. ( namanya juga pilm ).

oke, kita kembali lagi ke topik. tak jarang kita temui flash disk yang bisa dibaca tapi tidak bisa ditulis. kalo buat mengcopy file ada keterangan " The Disk is Write-Protected ". kenapa bisa gitu?

ada dua hal yang bisa membuat flash disk seperti itu. pertama, karena memang aksesnya di disable. kedua, aksesnya di proteksi. dan dua-duanya bisa diatur melalui Registry Editor windows. ( tahu Registry Editor gak? )

kalo mengalami masalah seperti itu, coba deh pake cara ini :

1. Buka Registry Editor ( Start Menu > Run, ketik : Regedit, kemudian tekan enter/klik OK )

2. Cari Key berikut : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\StorageDevicePolicies

3. Jika di panel bagian kanan ada WriteProtect, double click dan dibagian value data isikan 0 atau hapus WriteProtect tersebut atau bisa juga hapus key StorageDevicePolicies. Kemudian refresh ( View > Refresh )

4. Coba lepas USB Flash Disk dan ulangi copy datanya

kalo pake cara diatas masih belum bisa juga? jawab : beli aja yang baru!! kebetulan aku jualan flash disk.

sumber informasi >> http://ebsoft.web.id/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Monggo-monggo silahkan diminum dulu tehnya, setelah itu ketikkan komentarnya..( mari pesbukan disini )